Friday, October 27, 2017

Ada Apa di Hari Blogger Nasional ?




Orang boleh pandai setinggi langit,
 tapi selama ia tak menulis, 
ia akan hilang didalam masyarakat 
dan dari sejarah
-Pramoedta Ananta Toer-

Kutipan diatas, benar-benar pantas untuk di jadikan sebuah kalimat pembuka, karena sukses membuat saya merinding. Bagaimana tidak?, saat pertama kali kita dilahirkan, kita ingin terus merasakan kasih sayang. Setelah bertumbuh remaja, kita ingin selalu dipedulikan, dan saat kita beranjak dewasa, kita ingin selalu diperhatikan. Lalu? apakah ada diantara kita yang setelah melalui proses kehidupan di dunia ini, lantas ingin dilupakan begitu saja?. Tentu tidak. Bahkan kita ingin lebih dari sekedar dikenang. Untuk apa? Yah, setidaknya kita mampu mempertahankan eksistensi diri dan tidak merasa sia-sia karena sudah melalui banyaknya rintangan dan perjuangan untuk hidup.

Lebih jauh saat Ayahanda pramoedya mengatakan hal tersebut, atau mungkin saat itu saya belum mengenal tulisan beliau, saya sudah mencoba untuk belajar menulis tentang apapun yang saya mau. Tulisan itu mungkin awalnya berbentuk diary sejak  sekolah dasar dan akhirnya terus berlanjut menjadi cerpen, puisi hingga sebuah berita dan akhirnya beberapa tulisan tembus di lingkup Nasional (yey).

Pertanyaan yang lebih sederhana adalah 'Mengapa saya begitu menyukai kepenulisan?.' Pastinya seperti apa yang saya katakan di paragraf awal. Bahwa siapapun ingin dikenang, dan saya pun ingin dikenang dengan tulisan-tulisan saya. Memang sih, untuk di kenang tidak melulu melalui tulisan. Tapi juga bisa melalui lukisan, pahatan atau dalam bentuk karya seni lainnya. Bisa juga loh karena sebuah pengabdian. Tapi, menulis itu beda. Bedanya adalah; soal perasaan atau pemikiran yang kamu tuangkan secara lebih terperinci dan mengena di hati siapapun.  Hal itu akan sterus berada dihati para pembacanya, meskipun sang penulis telah tiada. Nah, kalau begini, siapa yang tak mau nulis, coba? Apalagi jika kita mengetahui bahwa tulisan dapat merubah dunia. Contohnya saja sebuah berita. Berita dapat menghidupkan maupun mematikan seseorang dengan tulisannya. Karena hal apapun yang ditulis dan disebarluaskan, ia akan terus menghasilkan pandangan dan mendapatkan sebuah kesimpulan. Mau seperti apa kesimpulan yang kamu dapatkan, semua bergantung dari apa yang kamu tuliskan.
 
Lalu, bagaimana dan dimana harus menulis?. Di zaman yang  penuh sesak oleh kids jaman now ini, tentunya sudah banyak sekali media dengan website yang di gratiskan untuk publik. Loh kok gratis? Ia lah, kalau kamu mau nulis di website yang berbayar sih gak apa-apa. Tapi saya memilih yang gratisan aja ye seperti blog, hehehe.
By the way, sejak saya aktif di blog sejak SMP tahun 2009 (halah tuaan amat) , saya belum tahu tuh kalau ada yang namanya hari blogger nasional (atau saya yang kurang update yah). Untungnya saya segera sadar, mengingat beberapa tahun lalu, ada begitu banyak event yang diselenggarakan oleh dan untuk blogger. 
Info buat kalian nih.  Ternyata, hari Blogger pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu.
Blog sudah menjadi media informasi yang sangat populer saat ini. Tidak hanya sebagai media menulis, bahkan tak sedikit yang memanfaatkannya untuk melakukan bisnis atau mencari penghasilan melalui kegiatan nge-blog.

Yupsi !. Dulu memang ada namanya pesta blogger. Tapi entah kenapa, semakin memasuki era kids jaman now ini (lagi-lagi). Acara tersebut entah kemana. Padahal, pestanya sangat meriah dan mempersatukan seluruh blogger nusantara. Terus, ada apa di Hari Blogger Nasional ini?. emm,,,, yah gitu deh, mungkin saja ada lomba blog, atau perayaan kecil-kecilan dari komunitas blogger. Tapi yang pastinya, kamu akan menemukan banyak 'BOM Tulisan' dari para blogger yang aktif sampai sekarang dan ajakan-ajakan untuk menulis, dari para blogger.

Sudah deh, sekarang apa mau kalian?. Masa cuma capek baca tulisan saya saja. Mending buat tulisan gih. Curhat sepuasnya yang kamu mau. Gak ada yang larang kok. Atau, kamu belum punya blog?. Hedeh!. Sebelum kalian dikalahkan sama anak-anak (ah sudahlah) mending nulis. Siapa tahu cerita kamu di blog, bisa dibukukan seperti punyanya kak raditya dika. 

Akhirnya, saya hanya bisa bilang "Selamat hari Blogger Nasional untuk seluruh Blogger Indonesia." Kapan-kapan, mesti buat acara besar yah :)

#blogger #haribloggernasional #indonesia
 

0 comments:

Post a Comment