Sunday, December 13, 2015

Fenomena Media Baru

           Inovasi bukanlah hal baru bagi media massa. Beadle brothers yang memperkenalkan novel muram sebelum perang sipil adalah media baru pada zamannya. Karya mereka mengubah pasar buku AS pada saat itu. Sekarang Inovasi di luar mainstream mencakup kategori yang luas. Terkadang tidak jelas seperti media alternative, media bawah tanah(underground) dan media teknologi tinggi (hight-tech)
Kemunculan media baru sesungguhnya bukan merupakan fenomena mutakhir, namun penggunaannya di Indonesia baru benar-benar terasa pada era globalisasi saat ini. Pada awal kemunculannya, ada pandangan yang muncul bahwa yang tercakup dalam media baru hanya media interaktif saja. Namun, dua ahli komunikasi Ronald E. Rice dan Frederick Williams menyatakan pandangan mereka bahwa media baru yang dibentuk komputer adalah media dalam pengertian yang sangat luas, yaitu bukan media massa seperti surat kabar, radio, televisi, atau film.
Sementara Joseph, Fritz, dan Barry mengungkapkan bahwa media baru merupakan istilah yang mengacu pada konvergensi antara teknologi audio/video dengan World Wide Web. Perkembangan pertama yang patut disimak adalah perkembangan dalam medium komunikasi massa itu sendiri. Perkembangan yang pesat dalam teknologi informasi dan komunikasi, serta terjadinya konvergensi teknologi, menyebabkan lahirnya berbagai jenis media baru, yang tidak secara sederhana dapat kita pilah dengan kategori media cetak atau elektronik.

Contoh kasus : Fenomena media baru merupakan sebuah media dari perkembangan zaman. Bila kita lihat beberapa tahun terakhir, mulailah bermunculan journalism online diberbagai media online. Hal tersebut berbanding lurus dengan kemajuan teknologi, tujuan utamanya adalah semata-mata untuk terus meningkatkan kualitas jurnalisme agar lebih baik lagi.



Referensi
John Vivian, teori komunikasi massa (edisi 8), Kencana prenada media group
Ana Nadhya Abrar. 2003. Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: LESFI.
Hal. 37

Joseph Dominick, Fritz Messere & Barry L. Sherman. 2004. Broadcasting, Cable, The Internet, and Beyond: An Introduction To Modern Electronic Media. New York: McGraw Hill. Hal. 149

0 comments:

Post a Comment